VISA

Secara umum VISA kunjungan untuk keperluan study, research, training, dan bekerja di Portugal adalah National Visa. Portugal National Visa hanya berlaku maksimal selama 120 hari. Oleh karena itu bagi mereka yang bermaksud menetap lebih dari jangka watu tersebut harus memperoleh perijinan tinggal.  Adapun dokumen persyaratan yang harus dilengkapi untuk memperoleh Portugal National Visa (berdasarkan sumber yang berlaku tahun 2016):

  1. Formulir aplikasi VISA. Formulir aplikasi VISA harus diisi dengan lengkap. Formulir aplikasi visa bisa di download di http://www.secomunidades.pt/web/consulate/Vistos.
  2. Foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar dengan background Putih
  3. Passport yang masih berlaku (minimal 3 bulan setelah pulang dari kunjungan ke Portugal)
  4. Reservasi atau booking tiket. Perlu diperhatikan bahwa yang diminta hanya bukti reservasi/booking bukan “tiket yang telah di-issue”. Bagi mereka yang bermaksud menetap lebih dari 1 tahun tidak perlu harus menunjukkan reservasi atau booking tiket kepulangan.
  5. Medical travel insurance (copy dan original). Medical travel insurance harus mengkover minimal 30 000 Euro untuk biaya medis (perawatan, rawat inap, dsb). Namun, bagi mereka yang biayanya ditanggung oleh sponsor atau scholarship tidak perlu mengurus medical travel insurance tetapi menunjukkan “Letter of Guarantee” atau “Letter of Sponshorship” (yang didalamnya tertera komponen biaya yang ditanggung termasuk asuransi kesehatan).
  6. Bukti kemampuan finansial selama tinggal di Portugal. Biasanya dokumen yang diminta adalah bukti rekapan tabungan selama 3 bulan terkahir atau dokumen lain yang relevan. Namun, bagi mereka yang biayanya ditanggung oleh sponsor atau scholarship dapat menunjukkan “Letter of Guarantee” atau “Letter of Sponshorship” (yang didalamnya tertera komponen biaya yang ditanggung termasuk living cost, tuition fee, dsb).
  7. Hotel booking atau bukti akomodasi lain selama tinggal di Portugal.
  8. SKCK asli yang dilegalisir oleh KEMENKUMHAM, KEMENLU, dan KEDUTAAN Portugal di Jakarta. Dalam proses legalisir ini ada beberpa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:
  9. SKCK harus berbahasa inggris. Yang dapat mengeluarkan SKCK dalam bahasa inggris biasanya hanya POLDA. Jadi disarankan langsung urus ke POLDA.
  10. Proses legalisir harus melalui KEMENKUMHAN terlebih dahulu sebelum ke KEMENLU. KEMENLU tidak akan bersedia melegalisir tanpa legalisir dari KEMENKUMHAM. Proses Legalisir baik oleh KEMENKUMHAM maupun KEMENLU rata-rata memakan waktu selama 2 hari Kerja sehingga pengambilan biasanya pada hari kerja ke-3.
  11. Terakhir setelah legalisir oleh KEMKUMHAM dan KEMENLU, SKCK harus dilegalisir oleh Kedutaan Portugal di Jakarta. Sebaiknya, untuk menngefisienkan waktu, proses legalisir di Kedutaan Portugal ini dilakukan ketika proses applikasi VISA sudah siap dengan kelengkapan dokumen persyaratan yang lain.
  12. Bukti pembayaran aplikasi VISA sebesar 90 Euro. Pembayaran hanya bisa dilakukan Via Bank Transfer (No rekening tujuan akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak kedutaan saat anda submit berkas aplikasi VISA di kedutaan).

*Seluruh dokumen persyaratan aplikasi VISA  yang tidak berbahasa Inggris harus dilegalisir oleh KEMENKUMHAM, KEMENLU dan KEDUTAAN Portugal di Jakarta. Biaya legalisir oleh Kedutaan Portugal sebesar 30 euro per dokumen dan dibayarkan secara bersamaan dengan biaya aplikasi VISA.

Kedutaan Portugal Di Jakarta

Alamat : Jl. Indramayu No. 2A, Menteng

Jakarta 10310 Indonesia

No. Telepon : +62-21 31908030
Email : rossy.kusumawati@mne.pt (consular section)
Jam Kerja

Aplikasi VISA

:

:

09.30-17.00 WIB

09.30-13.00 WIB