Pendidikan tinggi di Portugal adalah level pendidikan setelah pendidikan dasar dan sekunder (12 tahun). Sistem pendidikan tinggi di Portugal telah mengalami reformasi untuk mengadaptasi strategi pendidikan tinggi Eropa yaitu pengetahuan berdasarkan ekonomi dan sosial. Sistem pendidikan tinggi di Portugal dibagi menjadi dua sub sistem yaitu: politeknik dan universitas. Pendidikan politeknik ditujukan untuk pendidikan keahlian yang lebih spesifik mempersiapkan mahasiswa ke jenjang karir yang lebih spesifik sedangkan universitas lebih ke arah riset akademis. Skema pendidikan di Portugal secara umum diperlihatkan pada gambar ini

bologna-process
Skema pendidikan tinggi di Portugal berdasarkan “BOLOGNA”

Sistem pendidikan tinggi dibagi menjadi tiga tahapan, berdasarkan interval ECTS yang harus diselesaikan, yaitu:
a.    Licenciatura (setara Strata 1) dengan rentang ECTS yang harus diselesaikan adalah 180-240 ECTS dan dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih 3 hingga 4 tahun;
b.    Mestrado (setara Strata 2) dengan 90-120 ECTS dan biasa ditempuh dalam waktu 1 hingga 2 tahun,
Mestrado Integrato (Intagrated Master) dengan 300-360 ECTS;
c.    Doktoramento (Strata 3) dengan 180-240 ECTS termasuk mata kuliah dan desertasi. Namun ada beberapa program studi tanpa mata kuliah (ECTS full desertasi). Mahasiswa program doktoral terdiri dari 2 kategori yakni full time dan part time student. Yang membedakan antara keduanya adalah tuition fee dan jumlah ECTS dimana untuk part time student akan lebih rendah. Masa studi program doktoral  adalah 3 tahun sesuai dengan program yang ditetapkan oleh universitas pada umumnya.
Pendidikan tinggi negeri di Portugal terdiri dari 14 universitas, 20 institut politeknik, dan 6 institusi militer dan polisi. Sedangkan pendidikan tinggi swasta terdiri dari 36 universitas dan 64 politeknik.
Kalender Akademik. Perkuliahan dilakukan dalam tahun akademik yang terbagi menjadi dua semester dimana semester pertama dimulai pada bulan September hingga Januari. Sedangkan semester kedua dimulai pada bulan Februari hingga Juni.
Grading System. Skala penilaian di Portugal didasarkan pada skala 0-20. Untuk bisa lulus mata kuliah, kalian harus memperoleh nilai minimal 10. Berikut adala skala penilaian yang digunakan:
0-9    Kurang
10-13    Cukup
14-15    Baik
16-17     Sangat Baik
18-20    Sempurna