1. Lapor Diri Ke SEF (Immigration and Borders Service/ Serviço de Estrangeiros e Fronteiras)

Yang pertama dituju pada hari pertama kedatangan adalah melapor ke Kantor Urusan Internasional Universitas (jika pelajar) kemudian melapor ke SEF maksimal tiga hari setelah kedatangan. Hampir di setiap Kota Memiliki Kantor Cabang SEF. Untuk informasi lebih lanjut kantor cabang SEF tiap wilayah silakan kunjungi http://www.imigrante.pt/PagesEN/LocaisAtendimento.aspx

Untuk kota Porto, kantor SEF berada satu gedung dengan kantor CNAIM (National Support Centre for Migrants Integration) yang berlokasi di Av. de França, 316 Edifício Capitólio, 4050-276 Porto. Saat melapor diri pastikan anda membawa Passpor dan VISA, Letter of Acceptance dan Declaration of Accommodation (bukti tempat tinggal).

2. Residence Permit

Bagi mereka yang mentap di Portugal minimal lebih dari 12 bulan maka wajib membuat temporary residence permit. Temporary residence permit hanya berlaku selama 1 tahun dan jika masa berlaku habis maka perlu proses perpanjangan. Proses perpanjangan sebaiknya diurus paling lambat 2 bulan sebelum masa berlaku habis. Proses pembuatan residence permit memakan waktu sekitar 1-2 bulan. Residence permit diurus di kantor SEF cabang wilayah masing-masing.

3. Social Security Number/ Segurança Social (Jaminan Sosial)

Social security Number diurus di social security office atau kantor jaminan sosial (bahasa portugis: segurança social or caixa). Khusus di Porto, kantor social security berada satu gedung dengan kantor CNAIM yang berolkasi di Av. de França, 316 Edifício Capitólio, 4050-276. Untuk informasi lebih lanjut mengenai alamat kantor setiap wilayah silakan kunjungi

http://www.seg-social.pt/servicos-de-atendimento

Kalian akan diberikan nomor sosical security yang nantinya terdaftar secara nasional.

4. Urus Nomor Pajak (Número De Indentificação Fiscal / Nif)

Nomor pajak atau yang dikenal dengan NIF ini merupakan kelengkapan yang diperlukan untuk mengurus hampir berbagai keperluan selama tinggal di Portugal karena selain digunakan untuk mengurus Nomor social security, NIF digunakan sebagai kelengkapan utama untuk membuat rekening tabungan.

5. Kartu Kesehatan (National Health Service Card/Cartão De Utente Do Serviço Nacional De Saúde)

Selama tinggal di Portugal, kita bisa memperoleh jaminan kesehatan dengan cara mengurus kartu kesehatan (Cartão de Utente). Kartu ini akan banyak memberikan manfaat bagi kita saat memerlukan pelayanan kesehatan ataupun berobat karena dengan memiliki kartu ini kita bisa memperoleh keringanan biaya. Bagi kita yang tinggal di Portugal dengan membawa keluarga (istri dan anak) juga bisa dibuatkan kartu ini untuk memperoleh keringanan biaya pelayanan kesehatan, berobat, bahkan persalinan dan rawat inap. Pembuatan kartu ini gratis tanpa dipungut biaya.

6. Lapor Diri KBRI Portugal di Lisbon

Sesuai dengan Undang-undang no.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal, serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada pemerintah setempat dan/atau Perwakilan RI yang meliputi tempat tinggalnya (Ps. 4 UU no.23/2006).

Prosedur

 

  • Paspor asli yang masih berlaku (masa berlaku minimal 6 bulan);
  • Pas foto pemohon 1 (satu) lembar berwarna, berukuran 4×6 cm;
  • Salinan/ foto kopi kartu izin tinggal
  • Proses pendaftaran diri di KBRI Lisabon tidak dikenai biaya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai lapor diri ke KBRI Lisbon silakan kunjungi

http://www.kemlu.go.id/lisbon/id/layanan-konsuler/pelayanan-wni/Pages/Pendaftaran-Diri.aspx