Universidade do Minho.
Braga dan Guimaraes

Universidade do Minho didirikan pada tahun 1973 merupakan satu kampus yang diberi nama “New University” dan pada waktu itu mengubah landscape pendidikan tinggi di Portugal. Universitas ini menerima mahasiswa pertama mereka di tahun 1975/1976. Universidade do Minho merupakan salah satu universitas Portugis yang terbesar. Kampus Universitas ini ada 2 yaitu Kampus Azurem dan Kampus Gualtar. Kampus Azurem terletak di Guimaraes dan Kampus Gualtar terletak di Braga. Untuk mempermudah mobilitas antar kampus, University of Minho telah menyediakan bus kampus. Universitas ini memiliki unit-unit pengajaran dan penelitian yang terbagi dalam : School of Architecture, School of Sciences, Health Sciences, Law, Economics and Management, Engineering, Psychology and School of Nursing, and Institutes of Social Sciences, Education and Art and Humanities. Universidade do Minho telah menyediakan bus kampus. Luas wilayahnya totalnya kurang lebih mencapai 800.000 meter persegi yang mencakup : 2 perpustakaan umum (Braga dan Guimaraes) dengan 300.000 buku, dan 600 bangku baca, 31 perpustakaan khusus (dengan 100.000 lebih buku), Perpustakaan klasik (dengan lebih dari 300.000 buku dari tahun 1450-1900), dan 16.750 scientific jurnal yang dapat diakses melalui Digital Library b-on. Universitas ini juga memiliki 3 sports halls, 3 kantin, snack bar, 2 grills, sebuah restaurant dan 14 cafetaria. Selain itu, universitas ini juga memiliki fitur dan pendukung research dan study seperti ruang kelas, internet, laboratorium, dan lainnya.

Universidade do Aveiro
Aveiro

Universitas Aveiro didirikan pada tahun 1973. Universitas ini merupakan Universitas generasi baru Portugis. Di tahun 1974, aktivitas universitas ini telah dimulai dengan program degree di bidang Telekomunikasi yang memiliki 46 mahasiswa untuk pertama kalinya. Kemudian di tahun 1976, degree di bidang Environmental Science and Education, Natural science and Education, Mathematics and Education, English-Portuguese and Education and French-Portuguese and Education pun juga dibuka. Pada tahun yang sama, jumlah mahasiswa Universitas Aveiro telah mencapai 338 orang. Sejak didirikan, Universidade de Aveiro terus menerus berkembang sampai akhirnya memiliki 3 kampus. Kampus utama terdapat di Aveiro. Sedangkan 2 kampus lain berada di luar daerah Aveiro yaitu di Agueda dan Oliveira de Azemeis..

Universidade do Porto
Porto

Universidade do Porto berada di wilayah Porto. Universitas ini didirikan pada tahun 22 Maret 1911. Universitas ini awal terbentuk dengan dua fakultas yaitu faculty of science and faculty of medicine. Setelah itu, di tahun 1915, Technical faculty terbentuk (fakultas ini kemudian diganti nama menjadi Faculty of Engineering di tahun 1926). Selanjutnya, tahun 1919, Faculty of Arts dan tahun 1925, Faculty of Pharmacy pun juga dibentuk. Semenjak tahun berdirinya, Universidade do Porto pun terus mendirikan fakultas-fakultas seperti Faculty of sport, faculty of psychology and education science, faculty of Architecture, dan lainnya. Alhasil, sekarang, Universitas ini telah memiliki 14 fakultas dan 1 postgraduate school, the porto management school. Universitas Porto merupakan universitas terbesar Portugis dan merupakan satu dari 100 universitas terbaik di Eropa pada tahun 2010.

Universidade do Coimbra
Coimbra

Universidade do Coimbra merupakan universitas tertua di Portugal dan salah satu universitas yang tertua di dunia. Universitas ini telah berumur 7 abad, didirikan pada tahun 1290, yang pertama kali hanya meliputi faculty of Art, Canons, Law dan Medicine. Pertama kali, Universitas ini berada di Lisbon, kemudian di tahun 1308, dipindah ke Coimbra. Sejak tahun 1308 keberadaan Universidade do Coimbra ini terus berpindah-pindah di antara kedua kota (Lisbon dan Coimbra), sampai akhirnya di tahun 1537 secara permanen terletak di Coimbra. Di tahun 1772, Univesidade do Coimbra menerima “Estatutos Pombalines”, serta membuat faculty of Mathematics and Natural Philosophy (Science) serta membentuk kembali medicine study. Natural History Museum (Museum yang tertua di Portugal) didirikan di tahun 1773, Museum ini dibagi menjadi beberapa sector di tahun 1885, yang akhirnya menghasilkan 4 institusi : Zoology, Botany, Mineralogy and Geology, dan Anthropology. Tahun 1836, Faculty of Law dan Canon bergabung menjadi satu New Faculty of Law. Di tahun 1910, Portugal telah berganti menjadi pemerintahan. Sejak saat itu, Universitas ini terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi, beberapa fakultas digabung, dan ada beberapa fakultas yang ditambahkan. Bahkan, baru-baru ini, Universidade do Coimbra merupakan icon universitas yang tak hanya di Portugal tetapi juga di dunia.

Universidade de Lisboa
Lisbon

Universidade de Lisboa terbentuk tahun 1911. Awalnya, universitas ini merupakan gabungan dari 4 sekolah yang didirikan di abad 19 yaitu Medical and Surgical School of Lisbon (1836), Pharmacy School (1836), Polytechnic School (1837) and the Higher Course of Letters (1859). Dua tahun kemudian, Faculty of Law akhirnya ditambahkan ke dalam universitas ini. Di tahun 1961, kampus Universidade de Lisboa terbentuk secara legal. Semenjak berdiri, Universidade de Lisboa terus menambah fakultas yang dimilikinya serta memperbaiki fasilitas serta gedung-gedung fakultas yang ada maupun yang baru dibentuk. Usia Universitas ini telah genap mencapai 100 tahun pada tahun 2011 yang lalu.

Universidade de Nova Lisboa
Lisbon

Universitas ini didirikan pada tanggal 11 Agustus 1973. Universidade Nova de Lisboa merupakan universitas negeri termuda di Lisboa. Pendirian universitas ini adalah untuk merespon permintaan meningkatnya pendidikan tinggi di Portugal secara umum dan di kota Lisboa secara khusus. Universitas yang memiliki moto “OMNIS CIVITAS CONTRA SE DIVISA NON STABIT” ini memiliki tujuan untuk menginnovasi pendidikan tertinggi di Portugal dan berkontribusi dalam perkembangan ekonomi dan sosial negara. Selama tahun pertamanya, Universidade Nova de Lisboa hanya menawarkan pendidikan untuk graduate dan program spesialis, tetapi sejak tahun 1977, universitas ini memperluas pendidikan yang ditawarkannya. Pada tahun 2009/2010, universitas ini telah memiliki 18.343 mahasiswa, 769 staf non-akademik dan 237 ilmuwan.

Universidade do Algarve
Faro

Universidade do Algarve merupakan universitas negeri yang berusia muda di Portugal. Universitas ini berdiri pada tahun 1979. Walaupun usia universitas ini masih tergolong muda tetapi sudah mendapatkan reputasi suara internasional. Universitas ini telah memiliki mahasiswa mencapai 10.000 orang dengan jumlah pegawai akademis lebih dari 700 orang. Universitas ini memiliki 4 kampus yaitu The Penha campus, The Gambelas campus, The saude campus, dan The Portimao campus. Penha campus berada di tengah-tengah kota Faro, memiliki 3 school yaitu School of Education and Communication, School of management, Hospitality and Tourism, dan Engineering Institute. Gambelas campus terletak sekitar 6 km dari Faro dan 2 km dari Faro International Airport. Gambelas campus memiliki 3 fakultas yaitu Faculty of Economics, Faculty of Human and Social Sciences, dan Faculty of Sciences and Technology. Saude campus berada di gerbang masuk kota Faro. Saude campus bergabung dengan Universidade do Algarve di tahun 2003. Kampus ini merupakan tempat dari Faro School of Health. Dan kampus yang terakhir yaitu Portimao campus terletak di kota Portimao. Kampus ini menawarkan degree dalam bidang management and tourism.

Universidade de Évora
Évora

Universidade de Évora adalah universitas negeri yang berlokasi di Évora dan merupakan universitas tertua kedua di Portugal, didirikan pada tahun 1559. Pada awalnya, subyek utama yang diajarkan adalah Filsafat, Moral, Alkitab, Teologi, Retorika, Grammar dan Humaniora, yang sebagian besar dikendalikan oleh Jesuit. Universitas ini juga lebih dikenal dengan nama awalnya yaitu Colégio do Espírito Santo. Lalu selama pemerintahan Dom Pedro II, mulai diperkenalkan pengajaran Matematika, dan kemudian meliputi pelajaran yang beragam seperti Geografi, Fisika, atau Arsitektur Militer. Colégio do Espírito Santo menjadi terkenal sebagai pusat pembelajaran dan merupakan pesaing utama dari Universidade de Coimbra. Universitas ini dioperasikan antara 1559 dan 1759, sebelum akhirnya ditutup secara resmi oleh Marques de Pombal bersamaan dengan diasingkannya para Jesuit. Universitas ini dibuka kembali hampir dua ratus tahun kemudian pada tahun 1973 dengan nama Instituto Universitário de Évora (University Institute of Évora). Enam tahun kemudian, pada tahun 1979, namanya diubah menjadi Universidade de Évora.  Pada saat ini, fakultas yang terdapat di Universitas ini adalah: Seni, Ilmu Sosial, Ilmu Teknologi, dan Kesehatan. Universidade de Évora memiliki sekitar 5100 siswa yang terdaftar di program Sarjana, 2.200 di program Master dan 900 di program Doktor. Universitas ini memiliki staf pengajar sebanyak 640 orang, di antaranya lebih dari 83% memegang gelar PhD, dan juga terdapat 470 orang staf administrasi.