About Author

Most Commented Posts

Most Views Posts

Find us on
Recent tweet
  • RT @PolJokesID: https://t.co/aFfTSpfz80
  • @abriany_ @diahfanny Woooowww ūüė≤ūüė≤ūüė≤ lanjut PM yaah ūü§≠ūü§≠
  • RT @KompasKlasika: Butuh inspirasi memotret? Ikuti Workshop Fotografi Kompas ‚ÄúMata Waktu Java Jazz 2020‚ÄĚ, Kamis (27/2/2020) di Kompas Insti‚Ķ
  • RT @kompasmuda: Bagaimana serunya momen #SuperShow8inJakarta bersama @elfindonesiacom? Ini dia hasil liputan #VolunterKompasMuda. @SJoffici‚Ķ

Cerita mahasiswa : Lisbon tempatku berjuang

Lisbon. Lissabon. Lisboa. Sebuah kota yang merupakan jantung dari negara Portugal. Kota terbesar dan terpadat di Portugal. Kota yang terletak di mulut sungai Targus juga memiliki julukan A Cidade das Sete Colinas (kota tujuh bukit). Topografi kota ini memang berbukit-bukit namun itulah yang memberikan keindahan tersendiri bagi kota ini. Banyak tempat-tempat di puncak bukit Lisbon yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain itu Lisbon memiliki beberapa pantai wisata yang indah di daerah Cascais, Estoril hingga Caparica. Wisata kuliner Lisbon pun sangat menarik, pernah mendengar Portuguese Custard Cake? Pastéis de Belém adalah custard cake portugis yang mendunia. Kue ini dapat dicicipi di daerah wisata Belém.

Saya berkuliah di Fakultas Teknik Universidade Nova de Lisboa. Fakultas ini terletak di daerah Caparica, bagian selatan dari sungai targus. Kondisi lingkungan daerah Caparica sangatlah sepi dibandingkan dengan Lisboa namun di daerah ini terdapat beberapa objek wisata seperti patung Cristo Rei dan pantai wisata Caparica. Saya memilih untuk menyelesaikan tesis saya di fakultas ini karena bidang riset yang tersedia sangatlah variatif dan praktikal. Selain itu budaya dan kondisi cuaca di Portugal sangatlah mirip dengan Indonesia. Orang Portugal tergolong orang yang ramah serta kondisi cuaca di Portugal pada umumnya cerah dan hangat. Hubungan saya dengan professor pembimbing saya pun sangat dekat. Saya tidak pernah sungkan dalam bertanya, apapun kendala saya dengan senang hati beliau pasti berusaha membantunya.

Pengalaman yang paling menarik bagi saya selama kuliah di Portugal adalah saat saya menjadi salah satu panitia pelaksana acara tahunan yang diselengarakan program saya. Acara tersebut mendatangkan seluruh mahasiswa dan dosen dari universitas yang merupakan partner di program saya. Saya dan teman saya berkoordinasi mulai dari membuat website acara, mencari pembicara, hingga menyiapkan tur keliling kota Lisbon dan makan malam dengan musik tradisional Fado. Ini pengalaman pertama saya berkerja sama dengan teman-teman Internasional saya. Pengalaman ini sangat menarik karena saya jadi mengetahui budaya kerja mereka yang cukup unik.

Leave a ReplyYour email is safe with us.